Sabtu, 11 Mei 2019

Sedekah yang Dipaksa

Kemarin admin BOTIA tiba-tiba memberikan kabar bahwa ada salah seorang pelanggan yang transfer tidak sesuai dengan nilai nominal invoice, dia kurangi sendiri tanpa dikonfirmasi terlebih dahulu. Yang dia lakukan sebenarnya adalah pembulatan nominal, hanya saja yang disayangkan tanpa konfirmasi terlebih dahulu, jadi belum ada kerelaan dari penjual untuk memberikan harga pembulatan.

Sebelumnya, menurut admin pelanggan satu ini memang suka menawar total yang harus ditransfer, misal 163.000 minta dibulatkan jadi 160.000 saja, padahal total tersebut adalah total setelah diskon. Namun anehnya kemarin dia tidak menawar terlebih dahulu, tapi tiba-tiba transfer dengan nominal yang dia bulatkan sendiri.

Sebenarnya ini bukan hal yang baru, dulu saat semua saya handle sendiri juga pernah ada pembeli model seperti ini, menawar harga sadis. Saya kadang mewajarinya, mungkin terbiasa beli di pasar yang tidak memberikan harga fix. Yang dia luputkan adalah kerelaan terlebih dulu dari penjual sebelum pembayaran.

Yang jadi pertanyaan sebenarnya apakah jual beli ini sah jika belum ada kerelaan dari penjual? Kemarin admin meminta persetujuan saya dahulu apakah tetap memproses penjualan ini atau tidak. Jawab saya tetap diproses, saya mengikhlaskan nominal yang telah dia bulatkan. Semoga transaksi ini memberi keberkahan pada usaha kami.



Barangkali ini teguran, teguran dari Allah agar kami lebih banyak bersedekah. Allah mengirimkan pembeli model seperti ini agar kami 'dipaksa' mengikhlaskannya sebagai sedekah. Oh Allah, terimakasih atas teguran-Mu. Semoga muamalah ini tidak membuat kami lalai akan hak orang lain.

#30HariMemetikHikmah #TantanganMenulisIPMalang #RumbelMenulisIPMalang
#IbuProfesionalMalang
#HariKe-6

0 komentar:

Posting Komentar