Kamis, 23 Mei 2019

Bumi Cinta : Ujian Wanita

Dari Usamah Bin Zaid, Rasulullah Saw bersabda, “Aku tidak meninggalkan satu fitnah pun yang lebih membahayakan para lelaki selain fitnah wanita.” (HR. Bukhari: 5096 dan  Muslim: 2740)

Fitnah wanita adalah fitnah terbesar bagi kaum adam. Fitnah wanita ini pula yang diangkat dalam novel Kang Abik yang berjudul Bumi Cinta ini.

Membaca novel ini membuat saya mengetahui beberapa hal baru. Salah satu hal tersebut adalah fakta bahwa Rusia merupakan negara free sex dengan tingkat pengakses pornografi nomer 1 di dunia. Atas sebab itu juga Kang Abik menjadikan setting novelnya kali ini di Rusia.



Sebenarnya ini adalah novel lama, tapi saya baru membacanya sekitar 2 bulan yang lalu. Sebuah novel pemberian teman yang sedang bersih-bersih barang, hehe.

Novel ini menurut saya adalah pengejawantahan kisah Nabi Yusuf a.s dalam mempertahankan izzahnya dari godaan wanita. Tokoh utama dalam novel ini yaitu Ayyas dikisahkan sedang melakukan penelitian sejarah Islam di Rusia. Namun ternyata dia melalui ujian yang sangat berat di negara free sex tersebut.

Ujian tersebut dimulai ketika dia tidak mendapatkan tempat tinggal kecuali sebuah kamar apartemen dengan 2 tetangga kamar perempuan Rusia dengan kehidupan yang bebas. Salah satu dari perempuan tersebut adalah agen mossad, dia sangat membenci Ayyas yang seorang muslim, bahkan ingin menjebak Ayyas agar tertangkap sebagai seorang teroris.

Tak cukup itu, perempuan itu juga menggoda Ayyas dengan berpakaian sangat minim dan masuk kamar Ayyas tanpa ijin. Ayyas dengan keteguhan imannya seperti halnya Nabi Yusuf a.s justru berusaha agar perempuan itu pingsan kemudian disingkirkan.

Di akhir kisah ternyata ada kenyataan lain yang membuat perempuan agen mossad itu berubah 180 derajat. Perubahan itu pun mengancam jiwanya.

Banyak hikmah yang bisa saya ambil dari novel ini, bahwa hidayah itu hanya milik Allah. Tak akan ada yang pernah tau akhir hidup seseorang. Bisa jadi orang yang dulunya atheis dan berkubang dosa akhir hidupnya justru dalam nikmat iman dan Islam.

#30HariMemetikHikmah #TantanganMenulisIPMalang #RumbelMenulisIPMalang
#IbuProfesionalMalang
#HariKe-16

0 komentar:

Posting Komentar