Minggu, 26 Mei 2019

Pepaya yang Dicuri

Beberapa hari yang lalu lagi-lagi hati ini sempat diliputi rasa kecewa saat melihat tiga pepaya yang mulai membesar di pohonnya tiba-tiba berkurang satu. Pagi hari masih tiga, sore sudah tinggal dua. Berarti pencuri melakukan aksi saat siang hari.

Memang hanya pepaya, buah murah yang kau bisa membelinya hanya dengan kurang dari 10 ribu rupiah. Namun jika kau menanam dan merawatnya sepenuh jiwa, rasanya ada kekecewaan yang entah. Ketika tinggal memetik hasilnya, lalu dengan mudah dia yang entah siapa mengambilnya tanpa permisi.

Pohon pepaya itu kami tanam sekitar tahun lalu. Sebuah pohon pepaya california yang suami beli benihnya di toko pertanian. Banyak benih ditebar, namun ternyata hanya dia satu yang tumbuh besar.

Dia tumbuh di lahan sempit samping rumah, pohonnya memang masih rendah, sehingga buahnya mudah dijamah. Ini adalah kedua kalinya bunga-bunganya akhirnya menjadi buah. Namun aku lagi-lagi dibuat kecewa, oleh tangan jahil yang tak mau berpikir: halalkah buah yang diambil dengan cara seperti itu?

Tahun lalu pertama kali dia berbuah, hanya satu bakal buah yang tumbuh membesar. Sembari menunggu benar-benar matang, kubiarkan dia bersemburu di dahan. Ah, tapi pagi-pagi pepaya itu hilang. Aku kecewa, menanti sesuatu berlama-lama lalu ditebas begitu saja.

Lagi-lagi aku ditegur untuk bersedekah lagi.

Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan sahabat Jabir mengatakan:
“Nabi SAW bersabda: ‘Tak ada seorang muslim yang menanam pohon, kecuali sesuatu yang dimakan dari tanaman itu akan menjadi sedekah baginya, dan yang dicuri akan menjadi sedekah. Apa saja yang dimakan oleh binatang buas darinya, maka sesuatu (yang dimakan) itu akan menjadi sedekah baginya. Apapun yang dimakan oleh burung darinya, maka hal itu akan menjadi sedekah baginya. Tak ada seorangpun yang mengurangi, kecuali itu akan menjadi sedekah baginya’.” (HR. Muslim)

#30HariMemetikHikmah #TantanganMenulisIPMalang #RumbelMenulisIPMalang
#IbuProfesionalMalang
#HariKe-20

0 komentar:

Posting Komentar