Rabu, 15 Mei 2019

Adab Menuntut Ilmu

Pelajaran mengenai adab sebelum ilmu begitu melekat di ingatan saya, meski saat ini banyak sekali orang abai akan adab dibanding ilmu. Banyak orang pintar tapi tidak memiliki sopan santun terhadap guru. Pelajaran adab seperti hilang dari banyak diri karena budaya yang memudar.

Adab menuntut ilmu tidak hanya bagaimana penuntut ilmu menghormati guru, tapi juga hal-hal lain yang berhubungan dengannya seperti bagaimana memperlakukan kitab atau buku yang memuat ilmu.

Beberapa hari yang lalu, saya pun merasakan ujian mengenai hal ini, dan hampir saja saya menodai adab yang saya yakini sebagai adab yang terpuji.

Saat membuat gambar tulisan di sebuah aplikasi, saya tak sadar sudah menggunakan template berbayar, tapi saya baru menyadarinya saat mau save hasil editing. Hampir saja saya lalai dengan tetap save gambar tersebut dengan cara lain yang penting tetap mendapat gambar tersebut. Detik kemudian saya tersadar, untuk apa saya melakukan hal tersebut? Lalu saya urungkan dan mencari design lain yang gratis.

Seringkali saya pribadi tanpa sadar lalai telah menabrak adab-adab dalam menuntut ilmu, termasuk menghargai hak cipta orang lain. Salah satu cara menghargai diri sendiri adalah dengan menghargai karya orang lain. Membeli barang bajakan adalah jalan yang menghilangkan keberkahan. Meski kenyataannya saking menjamurnya bajakan sampai tidak bisa dibedakan mana yang asli dan mana yang bajakan.

#30HariMemetikHikmah #TantanganMenulisIPMalang #RumbelMenulisIPMalang
#IbuProfesionalMalang
#HariKe-10

0 komentar:

Posting Komentar