Selasa, 09 Januari 2018

Melatih Kecerdasan (5)



Dalam mengasah kecerdasan anak saya selalu memasukkannya dalam kehidupan sehari-hari. Terutama untuk kecerdasan spiritual saya menekankan pada adab-adab dalam keseharian mulai dari hal yang paling kecil.

Untuk proyek hari ini saya ingin membahas tentang adab makan. Fara (26m) masih sering 'melanggar' adab makan yang sesuai dengan islam seperti makan sambil berdiri dan makan dengan tangan kiri. Saya mewajari jika anak usia sekian masih sering tertukar kiri dan kanan, maka tugas saya sebagai ibunya adalah tidak bosan mengingatkannya setiap jam makan. Begitu pula ketika dia lupa makan berdiri, biasanya saya akan menahan makanannya sampai dia benar-benar mau duduk atau jongkok baru saya berikan lagi.

'Ayo anak shalihah makan sambil duduk ya, pakai tangan yang kanan, biar disayang Allah makannya harus pakai aturan dari Allah' begitu saya sering tuturkan. Tak lupa, sebelum makan juga selalu saya biasakan menuntun Fara membaca bismillah, meski yang keluar dari mulutnya hanya berbunyi 'miyah' tapi semakin bertambah usianya saya yakin dia akan semakin fasih mengucap dengan baik.

Di proyek ini, anak akan mengasah logika dasar dengan mengingat konsep kiri dan kanan (masuk di kecerdasan intelektual), serta tentunya kecerdasan spiritual karena ada konsep aturan islam di dalamnya, bahwa segala tindak manusia sudah diatur oleh Allah Sang Pencipta.

#tantangan_hari_ke5
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa

0 komentar:

Posting Komentar