Senin, 08 Januari 2018

Melatih Kecerdasan (4)


Kegiatan semalam bersama 3 krucil terasa seru lantaran Jundi menemukan sebuah buku worksheet (yang sudah lama dibelikan) namun belum pernah dikerjakan. Buku tersebut isinya tempel menempel stiker yang sudah tersedia, namun di dalamnya ada pelajaran menghitung serta mencocokan bentuk. 



Jundi dan saya asyik mengerjakan, ajaibnya Fara dan Fasya juga khusyuk melihat kami berdua. Seakan tak ada keinginan untuk 'ikut main', mereka diam saja tapi nampak antusias dari binar mata mereka. Hingga kemudian saya pun berinisiatif, "Adek mau nempel juga?"

"Jundi, adek boleh ya ikut nempel?"

"Jangan! Nanti gak pas nempelnya, jadi jelek!"

"Kalau gitu yang kecil-kecil aja ya, nanti adek kan juga dibantu sama bunda nempelnya,"

Alhamdulillah sepakat! Sambil membaca perintah tiap halaman, saya membantu melepas stiker dan mengarahkan ketiga anak bergantian menempel. Semua antusias hingga hampir semua stiker tertempel. Tak lupa setiap sebelum melepas dan menempel sesekali saya ajarkan 'bismillah' kepada mereka agar terbiasa melakukan apapun diawali dengan berdo'a. 

Selain kecerdasan intelektual, permainan ini juga mengasah kecerdasan emosi dan kecerdasan menghadapi tantangan (karena dimainkan bertiga) jadi semua harus bisa mengendalikan diri agar mau bergantian menempel. Dan tentunya harus bisa memasukkan nilai kecerdasan spiritual melalui pembiasaan do'a. 

Untuk Fara, seperti biasa, dia lebih banyak mengalah daripada 2 anak yang lain. Semoga akan menjadi salah satu bekal dia dalam kecerdasan menghadapi tantangan dan kecerdasan emosinya kelak.


#tantangan_hari_ke4
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa

Related Posts:

  • Math Around Us (5) (Mencocokan jumlah) Di buku aktivitas tentu sudah umum ada task ini, mencocokkan antara gambar dan jumlahnya. Namun yang berbeda kali ini Jundi mengerjakan versi tulisan arab karena dia mengerjakan di buku baina yadaik jilid 1 milik bunda. Jund… Read More
  • Math Around Us (4) (Balok Geometri) Kali ini saya akan membahas tentang cara saya mengenalkan anak-anak pada geometri. Pengenalan bentuk-bentuk geometri sudah sering sekali saya dan suami lakukan, melalui puzzle, balok, rantai geometri, hingga dari gambar ata… Read More
  • Math Around Us (3) (Menyusun Manik di Gigi Buaya) Hihi, lucu ya nama kegiatannya. Jadi mas Jundi sebulan terakhir punya mainan buaya-buayaan yang kalau giginya dipencet nanti akan surprise menutup entah di gigi ke berapa, yang jelas tidak pasti. Sedang manik-manik adalah ha… Read More
  • Math Around Us (7) (Bermain bombik) Bombik a.k.a lego jadul adalah salah satu permainan anak-anak yang bisa memantik kreatifitas anak. Selain itu bombik bisa bikin anak anteng dan memanjangkan rentang konsentrasinya yang masih rendah. Awalnya saya dulu kepeng… Read More
  • Math Around Us (6) (Edisi ke ATM berdua) Kemarin siang pertama kalinya saya jemput jundi sekolah sendirian. Ceritanya di rumah lagi ada tukang, jadi seseayah gak bisa antar. Sedang saya harus mengurus ke bank untuk menonaktifkan notifikasi sms (nguras saldo banget… Read More

0 komentar:

Posting Komentar