Kamis, 18 Januari 2018

Melatih Kecerdasan (14) (Membuat Donat)



Kegiatan kami kemarin adalah membuat donat bersama. Meski ibunya udah lama banget gak bikin. Jadi resepnya nanya ke salah satu walmur temen Jundi sekolah dulu.

Kegiatan ini terinspirasi dari playdough yang tempo hari didapat dari kegiatan di sekolah Jundi. Gara-gara playdough itu saya jadi ingat dulu sebelum ada si kembar saya pernah bikin donat bareng Jundi, dan kegiatan itu sudah seperti main playdough. Bedanya kalau donat bukan lagi roleplay, tapi memang beneran membuat 'sesuatu'.



Kali ini saya mencoba modifikasi dengan mengganti susu dengan yang rasa coklat. Sebelum memulai saya ucapkan bismillah keras, agar anak-anak terbiasa. Pencampuran adonan saya kerjakan sendiri sambil sesekali dibantu Jundi. Fasya beberapa kali tak sabar ingin ikut meremas. Akhirnya setelah kalis dan mengembang, saya ajak mereka membentuk bersama. Dan Fara ternyata masih kesulitan (karena adonannya kurang kalis, entah apa yang salah ๐Ÿ™ˆ, mau saya tambah terigu lagi khawatir bantat). Saya bantu mereka membentuk bulatan dan bentuk yang entah.

Setelah selesai semua saya ajak mereka tidur sembari menunggu mengembang lagi. Mau saya goreng sendiri ternyata Fara bangun dan agak rewel, jadilah saya goreng sambil menggendong. Sebagian saya goreng setengah matang agar bisa saya froozen. Alhamdulillah anak-anak suka meski dimakan tanpa toping dan bentuknya gak karuan ๐Ÿ˜….

Yang terpenting dari kegiatan ini adalah anak jadi tahu tahapan membuat kue, selain itu juga melatih motorik halusnya yang penting untuk melatih kecerdasan intelektualnya.

#tantangan_hari_ke14
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa

0 komentar:

Posting Komentar