Jumat, 09 Maret 2018

Pohon Literasi (7) (Ups! Aku Mau Menggosok Gigi)



Alhamdulillah mulai banyak daun-daun baru bermunculan di pohon literasi keluarga kami. Anak-anak gak berkutat di buku yang sama lagi, mereka mulai mengambil buku-buku yang lain lagi. Yang penting dari awal saya sudah menyediakan banyak buku agar mereka terbiasa dengan buku. Dan saya pun harus menjadi contoh terlihat anak ketika baca buku, karena hal ini cukup efektif, walau akhirnya saya gak jadi baca ๐Ÿ˜‘ (karena harus bacakan).



Kemarin lusa (absen 2 hari gak setor ๐Ÿ™ˆ) anak-anak tiba-tiba meminta dibacakan buku gosok gigi, buku lama yang kami belikan untuk Jundi sebelum ada si kembar. Bukunya pun sudah jelek rupa karena sampul depan sudah copot. Namun buku ini adalah salah satu buku yang menarik dan bagus buat anak-anak terutama untuk mengajarkan kepada mereka tentang pentingnya gosok gigi. Pada tahapan seperti anak-anak saya yang rentang konsentrasinya masih rendah memang yang paling cocok buku-buku seperti ini, satu halaman dengan satu gambar besar dan satu kalimat cerita. Buku-buku seperti mute dengan kalimat yang panjang di tiap halaman biasanya mengakibatkan belum selesai saya baca tapi mereka sudah minta ganti halaman, atau biasanya Jundi akan protes,'kok lama sih bunda bacanya?' ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜….



Kalau dari cemilan di kelas yang saya dapat kemarin, minimal 10 menit per hari selama 360 hari kita membacakan secara keras, maka anak akan bisa membaca sendiri dengan sendirinya.

#HariKeTujuh

#GameLevel5

#Tantangan10Hari

#KuliahBunsayIIP

#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

0 komentar:

Posting Komentar