Jumat, 30 Maret 2018

Math Around Us (1) (Menghitung Jari)


Materi level 6 ini menurut saya termasuk di ranah 'gue banget'. Saya suka sekali matematika sejak saya masih SD, hingga SMA saya sempat memasukkan jurusan matematika sebagai pilihan pertama saat mendaftar kuliah, namun sayang ternyata saya justru diterima di pilihan kedua, kimia. Walau saya sebenarnya juga gak pinter matematika, tapi pada beberapa subbidang di matematika saya sangat menikmati mengerjakannya.

Di hari pertama ini saya akan bercerita tentang anak lelaki pertama saya Jundi yang sekarang berumur 5,5 tahun. Di umur sekian, saya amati benih-benih cinta matematika sudah nampak dalam keseharian. Dia selalu antusias dengan angka-angka, semua tentang angka menarik di matanya.

Saat ini dia sudah mulai menguasai penjumlahan, dan benar saja, kemarin saat coba saya pancing untuk menghitung jumlah jari ternyata tanpa menghitung satu per satu jarinya dia sudah bisa menjawab dengan penjumlahan cepat. "Ini 5, ini 5 jadi 10, sama kaki jadi 20 tah! Kan jadi 10 tambah 10," ucapnya antusias sambil menyodorkan tangan kanan, kiri, lalu kedua kaki.



Lalu tadi sore dia menggambar kami sekeluarga, (minus Fara Fasya dia minta bunda yang gambar). Saat menggambar tangan saya amati mulutnya sambil mengeluarkan suara menghitung jumlah jari yang digambar, "Satu dua tiga empat lima." Alhamdulillah good job boy!

Karena matematika itu sangat menyenangkan!

#HariKe1
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

0 komentar:

Posting Komentar