Sabtu, 31 Maret 2018

Math Around Us (2) (Mengupas Telur Puyuh)


Kemarin bunda merebus telur puyuh. Sudah menjadi kebiasaan, telur puyuh dikonsumsi dengan cukup direbus tanpa dibumbu apapun.

Paginya bunda sudah mengupas sebagian telur agar anak-anak bisa sarapan dengan telur puyuh dan sayur sop yang sudah bunda masak. Namun siangnya Jundi dan adik mau mengupas sisa telur yang belum dikupas di panci. Biasanya mereka akan mengupas dan langsung memakan telur yang sudah dikupas.

Sebelum mengupas tanpa saya komando Jundi menghitung jumlah telur yang belum dikupas, "Satu dua tiga...m...sembilan bunda! Jadi pas tiga tiga sama adik."

Saya pun tidak mengecek apakah benar hitungan Jundi, namun setelah masing-masing anak sudah memegang 1 telur baru ketauan ternyata telur di panci tinggal 5 biji. "Lho kok tinggal lima, brati gak ada sembilan ya, telurnya cuma delapan," ujar saya.

"Sek bentar, satu dua tiga, ini lima, jadi delapan...lhoh kok bisa ya bunda? Tadi kan sembilan," wajah Jundi terlihat bingung menghitung hingga diulanginya lagi.



"Ya bener kan delapan, berarti tadi mas Jundi salah ngitung, harusnya delapan, bukan sembilan," tegas saya sambil mengusap kepalanya.

Lalu saya melihat hasil kupasan Fasya yang justru banyak bagian isi telur yang ikut terbuang dengan kulitnya, bahkan hingga bagian kuning telurnya, hihi. Saya tertawa melihatnya lalu mencium pipinya.

#HariKe2
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

0 komentar:

Posting Komentar