Senin, 04 Desember 2017

Melatih kemandirian (4)

Alhamdulillah kemarin akhirnya sukses mengajari Jundi cara mengoperasikan mesin cuci. Awalnya sempat terjadi penolakan, tapi begitu saya sukses merayu dengan cara lain akhirnya dia malah terlihat excited dan ingin segera nyuci lagi esoknya, 'Besok Jundi lagi ya bunda yang nyuci' *uye*.

Kemarin dari pagi kami sekeluarga keluar rumah, dan baru balik ke rumah lagi sore hari. Sudah selesai mandi semua di rumah eyang, saya coba menawarkan ke Jundi untuk membantu bunda mencuci, "Jundi mau bantuin bunda nyuci?"
"Nggak mau"
Oke lalu saya biarkan dia bermain, dan tiba-tiba muncul ide, "Yuk kasih makan ikan yuk, ikannya kan belum dikasih makan ya" kebetulan letak toples ikan ada di rumah belakang dekat mesin cuci.
"Mau, Jundi ikut"
Lalu dikasihlah makan ikan oleh Jundi, Fara, Fasya. Setelah saya lihat sudah selesai saya lalu mencoba menawarkan, "Jundi mau bantu bunda masukkan pakaian kotor di ember itu ke mesin cuci?"
"Mau, mau, mau bunda" dan adiknya pun ikut membantu memasukkan beberapa pakaian. Karena tidak ada yang kotor, maka semua langsung dimasukkan mesin cuci tanpa dikucek terlebih dahulu.
Setelah pintu pakaian tertutup, saya mulai mengajari langkah-langkahnya.
"Pertama dicolokkan dulu ya kabelnya," jelas saya sambil mencolokkan ke stop kontak.
"Lalu airnya dinyalakan" jelas saya, dan Jundi nampak menyimak betul.
"Sekarang Jundi yang masukkan detergen dan pewangi ya, deterjen disini, pewangi disini" dia bersemangat sekali.
"Baru sekarang dinyalakan, pencet yang ini" saya menunjuk tombol on off.
"Lalu diset dulu" saya yang mengerjakan, "Dan sekarang pencet yang ini ya" saya menunjuk tombol play/pause. Dan mesin cuci pun menggerung-nggerung akan memulai kerjanya.
"Wah seru ya bunda" Jundi terlihat antusias melihat baju kotor yang terlihat berputar-putar dari pintu mesin.
"Sekarang ditunggu sampai bunyi ya baru nanti kita jemur"

Beberapa saat kemudian bunyilah mesin cucinya tanda proses mencuci sudah selesai, dan Jundi pun membantu saya menjemur di halaman depan, dia ikut menggantung beberapa potong kaos dalam, celana anak, dan baju. Alhamdulillah, besok lagi ya.

#Harike4
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

0 komentar:

Posting Komentar