Kamis, 07 Desember 2017

Jilbab pertamaku

Entah tanggal berapa tepatnya pertama kali aku mengenakan jilbab. Mengenakan untuk seterusnya, bukan hanya sekedar untuk sebuah acara saja. Yang kuingat sekitar Desember 2007, beberapa hari setelah meninggalnya eyang putri yang sangat aku sayangi. Dari kecil aku hanya tinggal berdua dengan beliau, jadi kedekatan kami sudah melebihi kedekatan anak dengan ibunya.

Entah saat itu hal apa yang begitu kuat mendorongku memutuskan berjilbab, ilmu agama saat itu juga sangat minim, bahkan ayat-ayat perintah berjilbab dalam alquran pun saat itu aku belum paham. Keinginan yang kuat ini kusampaikan ke salah seorang sahabat terbaikku sejak SMP, Wulan namanya. Dan jawaban dia (seorang yang juga belum berjilbab saat itu) membuat niatku semakin kuat, kira-kira begini dia berbicara padaku, 'Ya sudah Gie, keinginan yang baik jangan lagi ditunda-tunda, belum tentu keinginan itu datang lagi'.

Aku pun menguatkan tekadku, aku yang masih kelas 3 SMA otomatis harus membeli seragam baru untuk sekolah. Alhamdulillah ada rezeki dari saudara yang memberiku uang saku, akhirnya berangkatlah aku diantar ibuku membeli seragam sekolah yang panjang untuk anak berkerudung.

Hari pertama sekolah dengan seragam baru aku merasa ada desir-desir aneh di dadaku, sesuatu yang entah, membuatku merasa bahwa semua orang sedang memperhatikan perubahanku. Dan saat memasuki kelas, hebohlah orang-orang, mulai dari yang mengucapkan selamat, kaget tidak percaya, hingga ada yang bertanya hal yang tidak terpikirkan olehku, 'Nanggung banget sih Gie kamu pakai jilbabnya, ini kan udah tinggal 1 semester lagi aja, masuk sekolah juga tinggal berapa bulan, gak sayang seragamnya cuma kepake sebentar?'

Speechless, tapi satu hal yang aku yakini saat itu, kebaikan tidak boleh ditunda. Iya, meskipun hal itu di mata orang lain seperti membuang uang, tapi di mataku tidak ada yang sia-sia.

Dan sejak saat itu alhamdulillah justru semakin dimudahkan untuk belajar ilmu agama, baik dari buku ataupun guru. Allah sudah mengatur segalanya begitu cantik. Terima kasih Allah atas hidayah Mu.

Agie Botianovi
7 Desember 2017
01.50
Setelah 10 tahun berjilbab.

0 komentar:

Posting Komentar