Kamis, 02 November 2017

Komunikasi Produktif #1

Saya dan suami tak hanya pasangan hidup berumah tangga, tapi juga partner kerja karena kami membangun usaha bersama sejak 5 bulan usia pernikahan. Dalam berkomunikasi, selain membicarakan tentang 'kami' dan anak-anak, tentunya kami juga membicarakan mengenai usaha kami berdua.

Dalam komunikasi tentang usaha kami, biasanya kami berusaha untuk clear dan clarify agar saling memahami apa yang masing-masing dari kami maksudkan demi berjalannya usaha kami. Terkadang komunikasi juga terjalin lewat percakapan ponsel ketika ada diskusi-diskusi saat kami tidak sedang bersama. Namun ketika bersama, dalam berkomunikasi berusaha untuk kontak mata, selain intonasi dan bahasa tubuh juga harus 'berbicara' untuk menyamakan persepsi.

Dengan latar belakang yang berbeda, tentu kami berdua memilki FoR dan FoE yang berbeda. Suami dengan pengalaman menjadi karyawan perusahaan, dan saya yang masih unyu-unyu ini belum pernah sama sekali menjadi karyawan orang lain. Sejak lulus kuliah saya langsung menjadi karyawan dari suami saya sendiri. Jadi sedikit banyak saya harus mendengar dari suami bagaimana pengalaman bekerja dia dahulu. Kadang saya sendiri bisa mewek ketika 'ditegur' atasan (suami). Dan inilah proses belajar kami membangun komunikasi produktif di keluarga kami.

Forum keluarga tidak hanya membicarakan masalah 'keluarga' tapi juga masalah 'usaha' yang kami rintis berdua tentu dengan penempatan waktu yang pada tempatnya.

#hari1
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

0 komentar:

Posting Komentar