Jumat, 10 November 2017

Komunikasi Produktif #9

Hari Rabu lalu dapat cemilan dari Bu Fasil yang renyah sekali. Sebuah artikel yang semakin mendukung kaidah komunikasi produktif kepada anak. Salah satu hal yang ingin saya bahas adalah point 'fokus orang tua hanya pada anak'.

Saya jadi teringat materi pertama di kelas matrikulasi dahulu, saat ini banyak orang terkena sindrom FOMO (Fear of Missing Out) ketakutan saat ketinggalan sebuah berita saja, sehingga selalu haus untuk scroll dan scroll linimasa medsosnya. Atau bahkan justru NOMOFOBIA yang sindromnya justru lebih berbahaya, karena gejalanya takut berlebihan saat sebentar saja tidak memegang smartphone nya. Horor ya, tapi kenyataannya saat ini banyak sekali yang mengidap penyakit ini, bahkan saat mendampingi atau berkomunikasi dengan anak.

Kegiatan nyambi megang HP ini bagi saya sendiri adalah kegiatan yang terkadang juga saya lakukan saat mendampingi buah hati. Saat ada hal-hal urgen yang tidak bisa ditunda atau saat anak-anak dalam kondisi sibuk dengan mainannya dan sedang tidak ingin 'dibantu'. Biasanya saya juga ijin terlebih dahulu, 'Sebentar ya nak, bunda jawab pesan ya' atau 'Sebentar ya nak, bunda sambil baca dulu'. Namun dalam kondisi anak minta perhatian menaruh HP bagi saya adalah wajib, apalagi saat membacakan buku atau bermain yang membutuhkan saya di dalamnya.

Dulu, saat saya masih minim ilmu, saya belum bisa mengatur 'gagdet time' dengan baik, alhasil kadang sibuk dengan HP saat mendampingi anak. Efek sampingnya, tak jarang nalar menjadi pendek dan emosi tinggi, anak yang kena imbasnya. Namun alhamdulillah sekarang saya sadar, ketika saya ketinggalan berita atau istilah kerennya 'kudate', hal tersebut tidak akan merubah drastis kehidupan saya. Cukup memilih mana yang prioritas untuk dibaca dan mana yang bukan, karena fokus pada pekerjaan lain yang lebih produktif bagi saya lebih penting daripada sekedar update berita.

Alhamdulillah saat mendampingi anak tidak memegang HP membuat komunikasi kami lebih produktif dan bonding kami lebih kuat.

#harike9
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

0 komentar:

Posting Komentar