Senin, 06 November 2017

Komunikasi Produktif #5

Kemarin saya sukses mewek terharu dan beberapa kali meneteskan air mata yang saya tahan-tahan karena saya lihat kiri kanan depan belakang gak ada ibu-ibu yang cengeng seperti saya. Entahlah, saat acara haflah level 2 Raudhatul Qur'an Jundi kemarin beberapa kali ada getar yang tertahan di dalam hati lalu membuat mata saya sukses mengembun. Ada rasa haru yang entah, luluh melihat para pejuang cilik al-qur'an yang termasuk di dalamnya anak saya sendiri.

Alhamdulillah Allah mudahkan mas Jundi menyelesaikan hafalan juz 29 nya meski beberapa surat nilainya jayyid dan jayyid jiddan, mumtaz hanya 3 dari 10 surat di juz 29. Hal ini tentu sangat jauh dengan pencapaiannya saat menghafal juz 30 yang kesemua surat mendapat nilai mumtaz. Bagi saya itu sama sekali tak masalah, karena dalam kondisi sekarang saja saya merasa bahwa hasilnya sangat jauh lebih baik dari usaha yang sudah saya lakukan. Saya merasa sendiri bahwa di level 2 ini saya sering kendor dan luluh dengan rengekan Jundi yang sangat sering meminta ijin tidak berangkat hanya karena malas atau kecapekan. Saya pun kurang konsisten dalam memurajaah serta mentasmi hafalannya di rumah. Tapi ternyata Allah tetap membuat anak saya bisa lulus dari level ini 😭.

Beberapa hari sebelum haflah saya meragukan, apakah Jundi juga lulus sehingga ikut haflah?  Sedang level 2 ini semua santri harus sudah lancar ummi 4, sedang Jundi masih jauh. Namun ternyata menurut ustadzahnya Jundi lulus dan bisa mengejar bacaannya di level 3, surat al-baqarah (tantangan semakin berat karena emaknya belum hafal).

Sebelum berangkat haflah, saya sampaikan kepada sosok berpakaian putih-putih itu, "Alhamdulillah bunda bangga nak, Jundi anak hebat, jundi anak shalih, alhamdulillah Jundi bisa menyelesaikan hafalan juz 29" lalu saya kecup pipinya yang semakin hari semakin gelap karena sering bermain di bawah terik siang. Saya lakukan pujian sesuai kaidah komunikasi produktif kepada anak-anak yang salah satunya adalah jelas dalam melakukan pujian atau kritikan, tak sekedar bilang hebat atau pintar, tapi kita harus menunjukkan hebat karena apa yang sudah dia lakukan.

#harike5
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

0 komentar:

Posting Komentar