Kamis, 12 April 2018

Math Around Us (14) (Membeli Susu)



Ketiga anak saya suka susu, alhamdulillah ketiganya bisa saya penuhi haknya untuk full ASI 2 tahun. Hingga sampai pada penyapihan, ketiga anak saya mengkonsumsi susu uht sebagai pelengkap gizi mereka. Walau secara teori susu itu tidak wajib, yang penting adalah gizi seimbang, namun tetap saja they love milk so much. Ya minimal sehari 2-3 kotak per anak, tinggal dikalikan 3 lalu dikali harga susu per kotak. Kalau dihitung-hitung lumayan juga pengeluaran untuk susu anak dalam sebulan ๐Ÿ˜…. #emakperhitungan

Untuk berhemat, biasanya saya belikan susu satu karton isi 40 kotak untuk jatah seminggu, walau seringnya belum genap seminggu sudah habis stoknya ๐Ÿ˜‚. Kalau sudah habis belilah ke warung tetangga. Nah, kemarin kebetulan pas stok habis, saya ajak 3 anak ke warung tetangga depan rumah. Biasanya saya belikan mereka susu uht 125mL atau yang ukuran 190mL, selisih 1000 lah harganya, saya biasa memberi kesempatan mereka memilih sendiri susu yang mana. Dari 3 anak sering juga pilihannya tidak sama, dan kemarin si sulung memilih susu yang jarang sekali kami beli, susu steril dengan gambar beruang di kemasannya ๐Ÿ˜….

Mulailah saya negoisasi, "Lho mas Jundi kalau yang itu harganya beda, itu mahal."

"Gak mau, Jundi pokoknya mau yang ini!"

"Bener? Ini ya, harganya itu tiga kalinya harga yang ini, jadi kalau Jundi beli ini satu bisa buat beli yang ini tiga. Yang biasanya aja ya? Mau yang ini apa yang ini?" bujuk saya sambil menunjuk susu kemasan yang dimaksud.

"Jundi mau yang ini!"

"Ya udah, brati kalau beli ini Jundi cuma beli 1 adik beli 2 ya? Gapapa?"

"Iya gapapa!" jawabnya sambil muka ditekuk.

Di rumah pun saya jelaskan lagi tentang harga susu tersebut, harapan saya Jundi yang belum paham betul tentang jumlah uang jadi paham konsep sederhananya, bahwa 1 kaleng susu tersebut bisa mendapat 3 kotak susu yang biasa dibeli. Tinggal ngitung ulang aja kalau tiap minum susu minum susu kaleng, bisa sejuta setengah sendiri buat susu. Dasar emak irit ya, padahal kalau saya pikir lagi gak ada apa-apanya dengan harga sufor yang dalam seminggu saja bisa habis jutaan. Maka nikmat Tuhan manakah yang kau dustakan? Karena rejeki bukan hanya tentang uang.

#HariKe14
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

0 komentar:

Posting Komentar