Senin, 05 Februari 2018

Gaya Belajar Anak (5) (Membaca simbol)



Beberapa waktu terakhir ini saya mengamati Jundi sedang suka menerjemahkan simbol-simbol yang dia lihat di alat-alat dengan asumsi dia sendiri. Terkadang saya dan suami menangkap dia menerjemahkan suatu simbol di luar dugaan kami.

Hal ini bermula saat perjalanan dari luar kota untuk mengalihkan kebosanannya saya mengajak dia membaca arti simbol pada rambu-rambu lalu lintas sepanjang jalan. Dan alhamdulillah ternyata efektif membuat dia antusias dan mengalihkan kebosanannya di mobil tanpa aktivitas fisik.

Untuk gaya belajar Jundi, saya amati memang kinestetik yang mendominasi, namun audio dan visual juga bisa menjadi gaya belajarnya. Hasil kuisioner memang Jundi bisa dibilang hampir seimbang di ketiganya.

Untuk pembacaan simbol ini saya pikir masuk di dalam ranah gaya belajar visual, namun ternyata tetap, dia menjelaskan sambil menggerakkan tangannya untuk menjelaskan gambar, kalau ini termasuk ciri kinestetik ๐Ÿ˜….



Pernah suatu saat dia memiliki mainan. Di saat dia ingin main, ternyata adiknya ingin meminjam. Dan saya tidak menduga jawaban Jundi, "Loh, adik gak boleh main ini, ini lo ada gambarnya, anak kecil gak boleh ikut main, lho ini lo bunda ada gambarnya anak bayi dicoret, brati kan adik gak boleh?" dia menjelaskan simbol sambil menggerakan tangannya. Ibunya kudu panjang akal ๐Ÿ˜….

#harike5
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

0 komentar:

Posting Komentar