Sabtu, 03 Februari 2018

Gaya Belajar Anak (3) (Bebikinan)



Kali ini yang ingin saya amati adalah bab bebikinan, karena saya membaca di buku Bunda Sayang, salah satu cara mengamati gaya belajar anak adalah dengan cara mengamati saat dia membikin atau menyusun sesuatu. Jika dia suka membaca petunjuk dulu brati dia dominan visual, jika meminta dijelaskan dulu berarti dominan auditory, sedang kinestetik biasanya langsung mengerjakan tanpa tau instruksi, mengerjakan dengan intuisinya sendiri.

Sebelum-sebelumnya dia memang suka utak-atik sendiri mainannya, bahkan lego kecil-kecil yang kalau saya yang buat saya harus baca dulu petunjuknya (visual banget). Tanpa melihat petunjuk atau meminta dijelaskan Jundi bisa mengerjakannya, biasanya hanya melihat hasil akhirnya. Terkadang dia berkreasi sendiri dengan imajinasinya.

Meski tidak selalu menunjukkan ciri gaya belajar kinestetik,tapi bisa saya bilang gaya belajar Jundi yang menonjol adalah kinestetik. Untuk audio dan visual juga terkadang nampak, tapi jarang.



Kemarin dia membuatkan mainan kardus adiknya, tanpa minta saran saya dia sendiri yang membikin mobil-mobilan untuk adiknya dan model bagasi di belakang tempat duduk. Ide yang sangat simpel,namun menurut saya disini makin kelihatan kinestetiknya.


Sorenya saya mengajak membuat kue bersama dari remah biskuit yang diberi skm coklat agar bisa menjadi bola-bola coklat. Insting tangannya langsung membuat bulatan-bulatan, padahal saya belum ngajari. Tapi begitulah, kue sudah tinggal separo saat jadi bulatan-bulatan, karena dicemil bareng 😂.




Hari ini semoga ada pengamatan baru yang menimbulkan aha di kepala saya.

#harike3
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP

Related Posts:

  • Math Around Us (6) (Edisi ke ATM berdua) Kemarin siang pertama kalinya saya jemput jundi sekolah sendirian. Ceritanya di rumah lagi ada tukang, jadi seseayah gak bisa antar. Sedang saya harus mengurus ke bank untuk menonaktifkan notifikasi sms (nguras saldo banget… Read More
  • Math Around Us (2) (Mengupas Telur Puyuh) Kemarin bunda merebus telur puyuh. Sudah menjadi kebiasaan, telur puyuh dikonsumsi dengan cukup direbus tanpa dibumbu apapun. Paginya bunda sudah mengupas sebagian telur agar anak-anak bisa sarapan dengan telur puyuh dan sa… Read More
  • Math Around Us (4) (Balok Geometri) Kali ini saya akan membahas tentang cara saya mengenalkan anak-anak pada geometri. Pengenalan bentuk-bentuk geometri sudah sering sekali saya dan suami lakukan, melalui puzzle, balok, rantai geometri, hingga dari gambar ata… Read More
  • Math Around Us (3) (Menyusun Manik di Gigi Buaya) Hihi, lucu ya nama kegiatannya. Jadi mas Jundi sebulan terakhir punya mainan buaya-buayaan yang kalau giginya dipencet nanti akan surprise menutup entah di gigi ke berapa, yang jelas tidak pasti. Sedang manik-manik adalah ha… Read More
  • Math Around Us (5) (Mencocokan jumlah) Di buku aktivitas tentu sudah umum ada task ini, mencocokkan antara gambar dan jumlahnya. Namun yang berbeda kali ini Jundi mengerjakan versi tulisan arab karena dia mengerjakan di buku baina yadaik jilid 1 milik bunda. Jund… Read More

0 komentar:

Posting Komentar