Sabtu, 08 Juni 2019

Selesai dengan Diri

Menjadi seorang ibu itu harus selesai dengan dirinya sendiri. Maka tak heran ketika ada seorang ibu muda yang masih labil seperti saya dulu, saya belum selesai dengan diri.

Namun, menjadi ibu di usia muda belum tentu selalu belum selesai dengan dirinya. Banyak juga ibu-ibu muda yang sudah selesai dengan dirinya. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud sudah selesai dengan dirinya?

Begitu banyak permasalahan dalam hidup, banyak kesenangan yang begitu ingin diraih. Mereka yang belum selesai dengan dirinya masih berfokus dalam menyelesaikan masalah sendiri dan memuaskan kesenangan diri, tanpa bisa menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain.

Saya sendiri merasa miris ketika melihat ada seorang ibu yang terkesan abai dengan anaknya, dia seperti belum selesai dengan dirinya. Dia masih berfokus pada kesenangan yang ingin dia puaskan. Yah, mungkin bisa juga saya bilang orang yang belum selesai dengan dirinya artinya belum dewasa.

Seorang anak yang terjebak pada tubuh dewasa. Jiwanya masih anak-anak yang ingin bersenang-senang dan bersenang-senang, jiwa tersebut belum selesai dengan kesenangan yang entah barangkali dulu saat masih kecil diberangus oleh banyaknya larangan orang tua.

Ah, semua kembali lagi ke pola asuh orang tua, banyak pribadi yang masa kecilnya kurang bahagia, maka ketika tubuhnya telah mendewasa, jiwanya belum siap untuk menjadi dewasa, dia masih ingin mencari kebahagiaan masa kecil yang tertunda.

Saya pun tercenung ketika melihat seorang anak balita bermain sendiri tanpa pernah ibunya menemani bermain, ibunya masih sibuk dengan dirinya sendiri, menyelesaikan masalah-masalah 'kebahagiaan' yang belum usai dalam dirinya. Lalu bisa jadi 'lingkaran setan' itu akan terjadi lagi, si anak di masa depan akan merasa belum selesai dengan dirinya, karena tidak ada ibu yang benar-benar 'hadir' dalam kehidupan masa kecilnya.

Ah ibu, selesaikan dulu dirimu, karena ada jiwa-jiwa yang membutuhkan kehadiran fisik dan batinmu yang telah 'selesai'.

#30HariMemetikHikmah #TantanganMenulisIPMalang #RumbelMenulisIPMalang
#IbuProfesionalMalang
#HariKe-27

0 komentar:

Posting Komentar