Kamis, 23 Maret 2017

Marketing vs customer service


.
Bagi yang biasa ngurusi olshop sendiri (saya yang dulu) maka keduanya nampak sama. Tapi mungkin saya aja yang memang 'buta' tentang dunia bisnis dan rada 'haho' jadi menganggap keduanya sama 😜. Secara lah saya ini basic pendidikannya kimia murni, gak ada ilmu-ilmu kebisnisan kecuali kuliah kewirausahaan yang cuma 1sks aja dari 160sks yang harus saya lalui *lebay*.
.
Saya mikir, barangkali jika saya dulu gak nikah dengan suami saya yang kerjanya dulu memang marketing saya pasti buta level akut sampai sekarang tentang dunia online. Eh tapi ternyata qadarullah 5 bulan nikah suami resign dan akhirnya nyemplung di dunia online, dan jadilah sekarang saya jadi ngerti dikit 😅.
.
Dulu mah pas semua dikerjakan sendiri rasanya marketing sama customer service g ada bedanya *bagi saya lho ya*. Semakin nyadar kalau keduanya beda mungkin baru beberapa tahun terakhir ini *parah*. Marketing lebih tentang bagaimana menyebar kail, dan customer service lebih ke bagaimana caranya narik ikan yang sudah kena umpan *sok tahu*.
.
Lhah dulu mah semua dikerjakan sendiri dari mulai marketing, cs, bahkan sampai packing, pengadaan barang, pengiriman. Multitalent 😅😅😅. Sekarang setelah mulai berbagi tugas dengan admin jadi mulai paham bedanya 😁😁😁.
.
Celoteh di awal hari, bismillah semoga hari ini lebih bermanfaat daripada kemarin
Bunda jundi 21 februari 2017/24 jumadil awal 1438

0 komentar:

Posting Komentar