Rabu, 04 Juli 2018

Cerdas Finansial (1)


Akhirnya saya mengalahkan rasa wegah saya untuk mengerjakan tantangan 10 hari BunSay level 8. Yups, tantangan kali ini adalah tentang cerdas finansial. Sebelum bahasan lebih lanjut, ada baiknya tahu dulu apa itu cerdas finansial. Secara umum cerdas finansial adalah kemampuan untuk mendapatkan dan mengatur keuangan secara baik. Namun jika disesuaikan dengan value ibu profesional, maka cerdas finansial harus dilandasi bahwa rejeki itu datangnya dari Allah Sang Pemberi Rejeki.

Pada hari pertama ini saya ingin menceritakan tentang saya dan Jundi dalam sebuah obrolan tentang 'uang'. Bagi anak usia 6 tahun seperti Jundi tentu pemahaman tentang cerdas finansial masih dalam koridor mengenai asal rejeki dan bagaimana pemanfaatannya. Namun dalam percakapan kemarin kami membahas tentang pemanfaatan uang angpao Jundi yang dia dapat selama lebaran kemarin.

"Beli kue pakai uang Jundi sendiri ya,"
"Gak mau! Pakai uang bunda aja," 😂 walau pada kesempatan lain dia mau memakai uangnya.
"Lalu uangnya buat apa? Dimasukkan ke masjid?"
"Iya dimasukkan ke kotak amal kayak di sekolah sama masjid,"
"Tapi kan tidak semua sayang, sebagian bisa dipakai untuk keperluan Jundi, tapi Jundi mesti rajin bawa juga ya tiap ke masjid," dari dulu Jundi selalu bersemangat jika mendapat bagian memasukkan uang ke kotak amal.
"O gitu ya bunda,"

Walau sepertinya entah dia sudah paham atau tidak, hari ini akan saya coba memulai obrolan tentang rejeki lagi.

#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

0 komentar:

Posting Komentar