Jumat, 08 Juni 2018

Tentang aku dan i'tikaf



Dari 'Aisyah ra bahwa Nabi saw biasa beri'tikaf pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, sampai Allah mewafatkannya. Kemudian para istrinya beri'tikaf sepeninggal beliau. (Muttafaqun 'alaihi. HR. Al-Bukhari : 2026 dan Muslim : 1172)

I'tikaf, berdiam diri di masjid selama 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Seingatku dulu saat pertama kali tahu apa itu i'tikaf saat SD aku bersikeras ke eyangku agar aku boleh ke masjid terdekat untuk i'tikaf. Padahal masjid di deket rumah tidak mengadakan i'tikaf ๐Ÿ˜…. Waktu SMA aku baru paham bahwa i'tikaf itu bisa dilakukan di masjid yang memang memfasilitasi untuk hal tersebut.

Dan akhirnya pertama kali aku keturutan i'tikaf adalah saat aku kuliah tingkat 1 di Masjid Raden Patah UB. Saat masjidnya belum dibangun seperti sekarang, masih bangunan lama. Dan kesan saya? Ah indah, fokus ibadah tanpa banyak distraksi meski sesekali juga berbincang dengan sesama jama'ah. Ah tapi saat itu aku masih cupu, masih jarang ada yang kenal. (Walau saat ini yang kurasakan lebih enak i'tikaf dengan orang-orang yang sedikit kenal, karena sedikit ngobrolnya ๐Ÿ˜…).

I'tikaf kedua masih jadi mahasiswa, tahun keberapa jadi mahasiswa ya...yang jelas pas itu di masjid ad-dakwah sdit ip, saat di sana masih dikelilingi sawah, kalau sekarang mah dikelilingi rumah ๐Ÿ˜….

I'tikaf ketiga waktu saya sudah menikah di semester 7 perkuliahan. Dengan suami pernah di annur jagalan dan di ghifari suhat. Dan itulah i'tikaf terakhirku sebelum aku memiliki anak. Tahun berikutnya 6 tahun total aku absen dari i'tikaf karena anakku belum bisa dikondisikan. Dan meski banyak yang bisa membawa anak, suami tidak mengijinkan. Tugas istri adalah taat, maka aku harus memperbanyak ibadah semaksimalnya di rumah sembari mendampingi si kecil. Pernah suatu kali saat masih labil (tahun pertama punya anak) aku ngambek karena suami gak sahur di rumah, padahal meski dia i'tikaf dia biasanya menyempatkan sahur bareng aku. Hahaha, lucu kalau diingat.

Dan kali ini adalah i'tikaf keempatku. Meski tidak bisa full 10 hari (seperti i'tikaf sebelum-sebelumnya juga gak pernah full), tapi aku bersyukur bisa i'tikaf. Terinspirasi dari umroh kemarin, anak-anak kutitipkan di eyangnya saat aku i'tikaf, hwkwkwk. Tapi gak tiap harilah,๐Ÿ˜†. Dan kali ini pertama kalinya aku i'tikaf di masjid jami' al umm. Padahal deket banget dengan rumah tapi baru tahun ini bisa i'tikaf disini.

Semoga bisa mengoptimalkan ibadah di bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. Dan semoga masih diberi panjang umur agar bertemu Ramadhan tahun depan ๐Ÿ˜ญ.

Agie Botianovi
7 Juni 2018
Malam 23 Ramadhan 1439 H

0 komentar:

Posting Komentar