Rabu, 05 Juli 2017

Menyusu menurut Fara

Beberapa hari yang lalu saat masih bulan Ramadhan ada kejadian yang membuat kami sontak ngakak berjamaah.

Ceritanya si kakak Fara sudah bisa mengucap beberapa kosa kata lebih banyak dari si adik Fasya. Dan seperti bayi pada umumnya, momen akan memulai menyusu adalah momen yang wow menurut mereka. Dari 3 anak saya hampir semua ekspresinya sama ketika ingin sekali menyusu lalu akan disusui. Ada tawa-tawa kecil bahagia campur nada dan gerak tak sabar dari ekspresi mereka. Ah, kau yang busui pasti tau bagaimanakah ekspresi yang kumaksud.

Yang membuat kami ngakak bareng adalah si Fara dengan ekspresi itu tiba-tiba sambil ngomong keras 'ENAK' 😂😂😂. Sontak saya, ayah, dan kakak Jundi ngakak dengar celoteh dia yang jujur dan lucu 😅.

Jadi kesimpulannya menurut baby Fara menyusu itu adalah hal yang 'enak' saudara-saudara. Luv you baby. Tinggal sekitar 4 bulan saja kebersamaan ini, kini kalian telah berusia 20 bulan. Tak mengapa ketika ingin lebih dari 2 tahun, tapi bunda ingin menyapih kalian di 2 tahun untuk melatih kemandirian kalian sendiri. Sungguh, ketidakrelaan menyapih justru akan terjadi pada bunda, bukan padamu. Bunda teringat saat akan menyapih mas jundi dulu, ah sungguh tak enak rasanya membayangkan itulah kali terakhir mas jundi menyusu.

Karena menyusu tak sekedar mentransfer air susu dari ibu ke anak, tp lebih jauh dari sekedar itu. Menyusu itu bonding yang luar biasa, mentransfer kecerdasan ibu, mentransfer kasih sayang, dan banyak hal. So bu, jangan sia-siakan masa 2 tahun untuk mentransfer akhlak baikmu pada anak. Sungguh, air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga. Ibu yang cerdas akan menghasilkan anak yang cerdas pula.

Semangat terus belajar, karena belajar tak pernah ada kata 'cukup'. Bismillah terus mengupgrade diri.

Ya Allah jadikanlah ikhtiar kami menyusui sendiri bayi-bayi kami menjadikan mereka anak-anak sholih sholihah yang menjadikan Allah tujuan hidupnya. Semoga kami bisa mendidik anak sesuai fitrahnya.

Ditulis 27 Juni 2017
Bunda Jundi

0 komentar:

Posting Komentar