Rabu, 17 Mei 2017

Jilbab tahun 80-90an

Alhamdulillah kemarin lagi-lagi diingatkan dengan cerita masa lalu tentang sulitnya mengenakan kerudung. Sebuah cerita dari orang yang mengalaminya sendiri pada masa itu di Jakarta.
.
Dulu, di tahun 80-90an begitu banyak fitnah untuk orang yang mengenakan kerudung. Mulai dari di jalan tiba-tiba kerudung ditarik orang agar terlepas hingga dituduh setiap orang berkerudung itu membawa racun di balik tangannya.
.
Tahun itu, tahun dimana orang yang berkerudung memanglah orang yang benar-benar menggenggam erat syariat, karena tak mudah menjalankannya, tidak seperti sekarang dimana kerudung sudah menjadi tren busana wanita.
.
Tentang kerudung ditarik di jalan, pada jaman itu kerudung bagian bawah yang menutup dada dan punggung dipeniti juga ke baju agar menempel dan tidak mudah lepas ketika ditarik orang. Karena apabila tidak dipeniti seperti itu akan mudah ditarik dan terlepas.
.
Lalu, saat belanja di pasarpun banyak pedagang tidak sudi dagangannya dipegang untuk dipilih oleh orang berkerudung karena isunya menyebar racun di tangannya. Kebanyakan pedagang inginnya pembeli berkerudung itu lekas pergi saja dengan pelayanan ketus dan dagangan dilempar-lempar. Masyaallah, fitnah yang luar biasa, hanya orang-orang yang kuat imannya yang dapat melewatinya.
.
Namun, di sisi lain ada seorang pedagang asal Padang di tanah abang yang memiliki kios kecil dan pengap, dia berjualan kerudung, dimana kerudung merupakan barang yang amat langka. Si ibu pedagang ini begitu baik kepada semua pembelinya, bahkan pembeli uangnya sering kurang dia perbolehkan. Masyaallah, semoga amalan baiknya terus mengalir hingga sekarang.
.
Dulu pun, kerudung bisa jadi cuma punya 1 aja dipake dicuci, dianginkan di kipas angin langsung pake, karena emang langka. Lha sekarang? 1 lemari bisa isi kerudung aja. Hey, setiap lembarnya kelak akan dihisab lho, beli seperlunya aja ya 😁.
.
Jadi guys, ente masih mau pakai alasan apa lagi buat gak pake kerudung? Perintahnya jelas lho di al-qur'an. Jaman juga sudah serba mudah, pengen beli kerudung model apa aja bisa, mau beli online di Botia malah tambah bisa 😂.
.
Yuk ah tutup auratmu 😍.
.
Menulis itu menampar diri sendiri. Kemarin mewek merinding pas dengerin ceritanya.
.
Agie Botianovi
10 mei 2017

0 komentar:

Posting Komentar