Selasa, 23 Agustus 2016

KB ALAMI

Sebenarnya apa sih ya istilah KB alami itu? Kalau yang saya pahami sih KB alami itu adalah KB yang tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun. Dalam prakteknya banyak yang memahaminya sebagai KB kalender. Namun kalau saya dan suami KB alaminya bukan kalender, melainkan dengan 'azl.

Uye, barangkali sudah ada yang tahu dan ada juga yang belum tahu ya. Jadi 'azl ini adalah cara KB dimana mani dikeluarkan di luar liang. Cara ini digunakan oleh para sahabat. Dari yang saya baca Rasulullah saw mendiamkan, artinya boleh.

Kalau kalender harus pinter-pinter ngitung masa subur dan tak subur. Tapi kalau prinsip suami, lapernya hari ini masa makannya besok? 😁 jadilah KB 'azl yang kami pilih 😊. Pun suami tidak mau saya menggunakan KB buatan semacam suntik,pil,IUD,dll karena efek sampingnya. Suntik dan pil bisa buat penuaan dini, flek-flek di wajah muncul lebih cepat karena mereka membuat hormon tubuh kacau, apalagi efek linu-linu dan kawanannya di usia mulai senja kelak. Kalau IUD memang paling minim resiko, tapi horor juga memasukan satu bend ke dalam tubuh, apalagi banyak juga yang tetap hamil.

Beberapa waktu lalu pas saya ikut sekolah ibu pun saya mendapat 1 teori KB alami metode ovulasi billings. Pas dapat materi ini pas banget dengan pas saya baru tahu saya positif 😅. Sekitar februari 2015.

Teori ini saya pahami hampir sama dengan KB kalender, bedanya kalau KB kalender pukul rata cara menghitungnya, kalo MOB disesuaikan masing-masing ibu, karena tiap ibu punya kondisi siklus yang berbeda-beda.

Teori MOB diawali dengan pencatatan siklus 1 bulan penuh sebelum praktek di bulan berikutnya. Siklus tiap wanita berbeda-beda, ada yang siklus pendek, ada yang siklus panjang, jadi pola subur tidaknya pun akan berbeda. Secara kasar teori ini menandai kesuburan dengan adanya cairan lembab pada kemaluan wanita, jadi pencatatan dalam sebulan mencatat kondisi kelembapan tersebut, ada tahapan-tahapannya. Maka teori ini juga bisa digunakan untuk yang sedang program hamil. Penjelasannya cukup panjang.

Yah intinya sih semua boleh berusaha tetap semua Allah yang nentukan. Karena semua sudah digariskan 😊.

23 agustus 2016
Bunda Jundi 🤓

0 komentar:

Posting Komentar