Kamis, 29 Januari 2015

BROWNIES BETON a.k.a BIJI NANGKA

Assalamualaikum... bismillah hari ini mau bagi resep brownies dari beton atau yang gak tau, beton itu bijinya buah nangka.

Berawal kemarin lihat nangka di penjual sayur akhirnya tertarik beli, trus tiba-tiba inget suami pernah bilang kalo bijinya bisa direbus dan dimakan. Waktu aku kecil pernah sih cuman memorynya gak terlalu kuat jadinya rada lupa kayak gimana. Alhasil kemarin sempet browsing resep kue pake beton tapi ternyata gak nemu, akhirnya modifikasi resep sendiri deh dari resep brownies singkong, hehehe. Hasilnya, alhamdulillah baru jadi Jundi udah habis 2 potong, berikut resepnya.

Bahan :
25 gr white cooking chocolate (menyesuaikan stok di dapur, karena sepertinya kalo mau coklat lebih enak pake dcc, dark cooking chocolate)
25 gr mentega
1 btr telur
40 gr gula pasir
60 gr beton
20 gr tepung terigu
5 gr coklat bubuk

Cara membuat :
1. Rebus beton hingga empuk. Lalu haluskan dengan ulekan.
2. Lelehkan mentega dan wcc dengan cara ditim.
2. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang. Masukkan semua bahan dan aduk dengan kecepatan rendah.
3. Kukus 20 menit.

Resep ini cuma untuk 10 potong kecil brownies, karena keluarga kecil jadi saya selalu memasak dalam porsi kecil.

Jika ingin kue yang lebih spons bisa ditambahkan baking powder secukupnya ke dalam adonan. Hasil kue saya bergelombang karena mungkin mulai mengkukus saat uap belum banyak di dalam dandang, hehehe. Tak apalah yang penting enak. Untuk rasa, beton yang gak halus jadi berasa seperti kacang, jadi seperti brownies kacang, hehehe. Selamat mencoba, semoga bermanfaat :)

Wassalamu'alaykum. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar