Selasa, 06 Januari 2015

PUDING ALPUKAT SUSU COKLAT

Awalnya gak mikir pengen dijadikan puding sih, karena biasanya kalo beli alpukat cuma dikerok dimaem biasa aja, paling-paling dikasih gula,sirup,or madu. Tapi berhubung ada 1 alpukat kelamaan nangkring di kulkas, kepikiran diolah jadi puding deh. Tadi sempet browsing beberapa resep, tapi malah gak ada yang klik. Alhamdulillah malah 'nyasar' di fb yang bagi resep puding alpukat. Step paling penting malah didapet dari komen salah satu likers page tersebut. Lucu juga sih, isi komennya kurang lebih begini, "min, udah coba bikin belum? Aku pernah coba kalo alpukatnya ikut direbus jadinya pahit gak bisa dimakan". Lalu menyusul komen-komen lain dari yang punya pengalaman yang sama. Alhamdulillah, padahal di beberapa resep gak ada yang bahas tentang point tersebut. Tapi saya sendiri gak pernah coba kalo direbus sih, jadi gak tau. Mungkin kalo yg ikut direbus itu pake api kecil kali ya.
Jadi, akhirnya saya bikin resep ala saya sendiri menyesuaikan bahan yang ada di dapur :).

Berikut resep simplenya :
Bahan :
1 bks bubuk agar-agar/jelly (kali ini saya gunakan jellygar)
1/2 buah alpukat kerok hancurkan (bisa juga diblender halus, karena edisi blender rusak jadi saya hancurkan manual)
1 bks SKM coklat
3,5 gelas air
1 gelas gula pasir

Cara membuat :
- campur gula 1/2gelas, bubuk agar-agar 1/2 bungkus,air 2 gelas,dan SKM, rebus hingga mendidih lalu cetak dicetakan puding
- sambil menunggu lapisan pertama agak dingin campur gula 1/2 gelas,bubuk agar-agar 1/2 bungkus,air 1,5 gelas, rebus hingga mendidih. Kemudian ketika uap habis masukkan alpukat, aduk rata lalu tuang di cetakan sedikit-sedikit dan pelan-pelan agar lapisan pertama tidak rusak.(punya saya sendiri rusak,hehehe)
- dinginkan hingga mengeras, keluarkan dari cetakan. Dan puding siap disantap...

Sangat mudah bukan? Semoga bisa bermanfaat, bisa menjadi alternatif menikmati alpukat :)

Bunda Jundi
27 januari 2015
Udah lama banget jadi separo tulisan, cuma baru sekarang kelar,hehehe

0 komentar:

Posting Komentar