Senin, 09 April 2018

Math Around Us (11) (Panjang mana?)

Salah satu aplikasi matematika yang sering kita jumpai adalah tentang perbandingan baik dari segi panjang, luas, ataupun volume. Kemampuan ini sangat penting karena akan sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Maka anak-anak pun mulai saya asah tentang perbandingan ini agar terbiasa.

Awalnya ada 2 botol dengan tinggi yang berbeda, lalu saya tanyakan ke Fara dan Fasya, "Hayo lebih tinggi yang mana botolnya?" Spontan mereka menunjuk botol yang lebih tinggi, yeay betul! Ternyata mereka sudah bisa.



Semalam lagi-lagi saat bermain bombik, Fara membuat menara dari bombik kompor dan bombik roket, coba saya tes lagi, panjang mana? Dan lagi-lagi dia bisa menjawab dengan tepat.

Setelah itu coba saya tanya jumlah bombiknya, karena belum bisa mengurutkan angka dengan baik jadilah hitungan Fara tak beraturan ๐Ÿ˜‚. Sayang kemarin tidak bisa merekam, logatnya menurut saya sangat lucu.

#HariKe11
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Minggu, 08 April 2018

Math Around Us (10) (Mengurutkan bilangan)


Hari ini perjalanan dari Pasuruan ke Malang cukup penat, ada beberapa titik kemacetan karena ada galian dan juga karena melewati daerah pasar yang selalu bikin macet. Perjalanan yang biasanya hanya 2 jaman menjadi 3 jam perjalanan. Anak-anak pun agak rewel di dalam mobil karena gerah, ada saja kehebohan, mulai dari rebutan makanan, tempat duduk atau yang lain. Kondisi normal saja anak-anak saya gak pernah bisa anteng duduk saat perjalanan, apalagi kondisi macet dan panas seperti ini.

Sampai daerah Lawang, Jundi akhirnya menemukan kesibukan mendinginkan coklat yang telah leleh akibat panas di dalam mobil. Dia menaruh coklat di depan lubang ac sambil berhitung. Lama-kelamaan hitungannya mulai ganjal, "Tujuh ratus, delapan ratus, sembilan ratus, sepuluh ratus."

Sontak saya dan ayah tertawa, "Seribu Jundi, bukan sepuluh ratus,"

Mas Jundi memang lagi suka berhitung. Semoga kelak tidak hanya suka tapi cinta ya.

#HariKe10
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Sabtu, 07 April 2018

Math Around Us (9) (Rantai Geometri)



Masih masuk dalam macam-macam permainan bombik a.k.a lego jadul. Meski punya anak-anak saya sudah bercecer dimana-mana gak karuan, tapi alhamdulillah masih bisa dirangkai dan digunakan untuk mengenalkan anak-anak saya terhadap bentuk-bentuk geometri dan mengklasifikasikan bentuk yang sama.



Awal beli mainan ini sekitar 2 tahun lalu saat si kembar masih baru umur beberapa bulan, dulu masih banyak banget. Jundi mainan ini bisa dengan berbagai cara, mulai dari merangkai rantai dengan bentuk yang sama hingga merangkai dengan warna yang sama. Dari bentuk kotak, bulat, segitiga, hati, dan bintang Jundi kala itu berusia 3,5 tahun tampak antusias sekali memainkannya.

Kini, saat si adik sudah mulai bisa memainkan permainan yang sama, jumlah rantai sudah tinggal sedikit sekali banyak yang hilang tercecer ๐Ÿ˜…. Namun alhamdulillah masih tetap bisa digunakan untuk mengenalkan bentuk geometri ke si kembar, meski di usianya dia belum terampil memasang dan melepas sendiri rantainya.

#HariKe9
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Jumat, 06 April 2018

Math Around Us (8) (Buku angka)

Akhirnya krucil punya buku baru lagi, alhamdulillah bisa nambah koleksi buku bacaan anak gara-gara ada BBW dan RH reject ๐Ÿ˜‚. Salah satu koleksi buku baru krucil dari BBW adalah sepaket buku My Little Library of Animal. Paket ini terdiri dari 4 boardbook yang salah satunya berjudul Number.



Seperti buku mengenal angka pada umumnya, buku ini juga menyajikan benda dan jumlahnya. Namun karena judul paketnya tentang hewan, maka benda yang dihitung juga hewan. Mulai dari menghitung badak, kambing, hingga ikan, anak-anak terutama si kembar suka sekali dengan buku ini. Kemarin lusa Fara justru meminta membawa paket buku ini saat akan tidur malam ๐Ÿ˜‚.

Matematika itu menyenangkan, tak sekedar bisa namun cinta.

#HariKe8
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Kamis, 05 April 2018

Math Around Us (7) (Bermain bombik)


Bombik a.k.a lego jadul adalah salah satu permainan anak-anak yang bisa memantik kreatifitas anak. Selain itu bombik bisa bikin anak anteng dan memanjangkan rentang konsentrasinya yang masih rendah.

Awalnya saya dulu kepengen belikan anak-anak mainan ini, namun lama kelamaan justru saya jadi jualan mainan ini karena banyak yang pingin beli juga tapi gak tau dimana tempat belinya ๐Ÿ˜‚. Yah lumayan lah beliin anak-anak jadi gratis, malah dari keuntungan masih sisa, bisa buat jatah kue anak-anak.



Jadi, beberapa hari terakhir anak-anak saya lagi suka lagi mainan bombik, terutama bombik kubus. Walau si kembar masih perlu dibantu saat menyusun, namun mereka sudah mulai bisa memasang antara bombik satu dengan bombik yang lain. Sambil menyusun, saya mengajarkan kepada mereka bentuk-bentuk ruang maupun bentuk datar, mulai dari istilah kotak, segitiga, hingga kubus.

#HariKe7
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Rabu, 04 April 2018

Math Around Us (6) (Edisi ke ATM berdua)



Kemarin siang pertama kalinya saya jemput jundi sekolah sendirian. Ceritanya di rumah lagi ada tukang, jadi seseayah gak bisa antar. Sedang saya harus mengurus ke bank untuk menonaktifkan notifikasi sms (nguras saldo banget ๐Ÿ˜‘), sekalianlah saya ngurus daftar ulang sekolah Jundi ke TK B lalu menunggu waktu Jundi pulang.

Saya jalan kaki dari bank ke sekolah Jundi, menurut ayah sih cukup jauh, tapi lumayan lah bisa buat latihan jalan biar gak gampang ngos-ngosan. Sampai di gerbang sekolah kebetulan kelas Jundi sedang kegiatan di luar kelas dan tepat berada di dekat gerbang, langsung hebohlah Jundi dan terlihat senang sekali saya jemput, karena jarang sekali sejak ada adik kembarnya.

"Lhoh bunda, Jundi kan belum waktunya pulang, kok sudah dijemput?"

"Iya, bunda kan mau daftar ulangkan Jundi dulu jadi nanti sekalian pulang ke rumah eyang jalan kaki sama Bunda ya,"

Lalu saya pun mengurus daftar ulang dan tidak berapa lama Jundi sudah boleh pulang. Jalanlah kami berdua, tidak seperti orang tua lain yang menjemput dengan sepeda motor (ini lebih karena ibunya gak bisa motoran ๐Ÿ™ˆ).

Jalan berdua Jundi saya ajak ke atm dulu karena uang di dompet saya habis untuk membayar registrasi ๐Ÿ˜…. Di atm mulailah dia heboh tanya tentang nominal uang.

"Bunda, kalo di atm yang itu kok tulisannya lima, nol nol nol nol?"
"Iya, itu bacanya lima puluh ribu,"
"Oh gitu, lha ini yang bunda ambil warna merah uang berapa? Seratus ribu?"
"Iya,seratus ribu,"
"Kalau seratus ribu sama lima puluh sama sepuluh ribu banyakan mana?"
"Ya yang paling banyak seratus ribu"
"Kalo lima puluh ribu dan sepuluh ribu?"
"Lima puluh ribu,kan lima puluh lebih banyak dari sepuluh"



Endingnya foto dulu setelah agak jauh dari atm, lalu lanjut belanja ke swalayan sekalian beli 3 cone es krim.

#HariKe6
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs