Rabu, 03 Oktober 2018

Review Mandiri Fitrah Seksualitas (13) by Agie Botianovi

Menyiapkan anak laki-laki menghadapi mimpi basah

Kali ini saya akan mereview hasil membaca buku Bunda Sayang 12 Ilmu Dasar Mendidik Anak tulisan Komunitas Institut Ibu Profesional bab serba-serbi si kecil #11.


Banyak orang masih menganggap tabu sehingga tidak mengajarkan kepada anak manakah yang benar ketika mengalami mimpi basah. Dalam Islam, konsekuensi seorang anak laki-laki yang telah mengalami mimpi basah adalah mulai menanggung beban syariat. Pahala dan dosa atas perbuatannya akan menjadi tanggung jawabnya sendiri. Maka penting bagi orang tua untuk memberikan informasi yang tepat kepada anak.

Di buku Bunda Sayang dipaparkan mengenai tulisan Bu Elly Risman tentang mempersiapkan anak menghadapi mimpi basah. Di sinilah peran ayah yang sangat diperlukan. Karena ayah tentu lebih paham tentang mimpi basah daripada ibu.

Hal yang harus dilakukan adalah membicarakan apa itu mimpi basah, beda mani dan madzi, serta apa yang harus dilakukan jika keluar cairan tersebut. Untuk membedakan mani dan madzi yang perlu disiapkan adalah kanji+air+sedikit bubuk kunyit (untuk mani) dan lem uhu (untuk madzi).

Langkah yg harus dilakukan tentunya mencari dulu waktu yang tepat, lalu mulai menyampaikan :
1. Mereka saat ini telah tumbuh menjadi remaja dengan perubahan fisik mereka. Lalu mulai mengutarakan akan menyampaikan hal penting menjelang seorang anak menjadi baligh.
2. Awalnya pasti mereka merasa jengah dan malu, maka mereka harus diyakinkan bahwa hal tersebut adalah tanggung jawab orang tua kepada Allah.
3. Menggunakan power of touch seperti yang dilakukan Rasulullah Saw untuk anak yang belum baligh.
4. Mulai menyampaikan tentang mimpi basah dan mani.
- Bahwa tanda seorang telah baligh maka suatu hari ia akan bermimpi bermesraan dengan seorang perempuan, kemudian saat terbangun telah keluar cairan yang disebut mani (sambil menunjukkan contohnya).
- Jika seseorang sudah mengalami mimpi basah maka semua perbuatannya akan dia tanggung sendiri pahala dan dosanya.
- Diberitahukan apabila setelah mimpi basah harus mandi wajib dan cara-caranya.
- Jika keluar madzi saat melihat gambar yang kurang pantas maka harus mencuci kemaluannya dan berwudhu.

#bundasayang
#fitrahseksualitas
#gamelevel11
#review13

0 komentar:

Posting Komentar