Kamis, 04 Oktober 2018

Review Mandiri Fitrah Seksualitas (14) by Agie Botianovi

Pendidikan Anak Usia Pranikah

Saya mereview dari buku Islamic Parenting Pendidikan Anak Metode Nabi di bab pendidikan anak usia pranikah. Sebelumnya saya sudah mereview buku ini pada bab lain.

Pendidikan seks perlu disampaikan secara bertahap. Anak yang hampir mencapai usia baligh sebaiknya diberitahu hukum-hukum pubertas, tanda-tanda baligh, dan sebagainya. Bila anak telah baligh,ia cukup diajari solusi persoalan anak pada usia baligh. Untuk anak laki-laki diajari tentang mimpi basah, cara mandi janabat, dan rukun rukunnya. Sedangkan bagi anak perempuan diajarkan pula tentang darah haid, hukum-hukum haid, dan cara bersuci dari nya.

Bagi pemuda baligh yang ingin menikah, orang tua harus mengajarkan pendidikan pranikah. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan. Misalnya, hukum-hukum keluarga, pergaulan suami-istri, dan pertemuan pasangan suami-istri terutama saat pertama kali.

Sebaiknya orang tualah yang memberitahukan sendiri semua permasalahan seksual dengan metode pendidikan Islam. Bukan perbincangan bebas di media massa yang tidak memperhatikan aturan aturan syariat dan tahapan usia anak. Bukan pula informasi-informasi yang didapat dari teman-teman sekolahan, kampus, atau teman bermain. Apalagi 'ilmu' yang dihembuskan oleh teman buruk yang tidak pernah dididik dan dibimbing dengan baik.

#bundasayang
#fitrahseksualitas
#gamelevel11
#review14

0 komentar:

Posting Komentar