Rabu, 09 Mei 2018

Umroh Backpacker (Beda Umroh Reguler dan Backpacker)

Beberapa orang yang begitu tahu aku dan suami umroh backpacker, mereka kebanyakan langsung pada kepengen tahu, gimana sih ubp itu? Apa bedanya dengan umroh pada umumnya? Kali ini aku cerita sedikit ya tentang perbedaannya dengan umroh reguler pada umumnya. Ini dari yang aku alami lho ya.

Secara umum gak ada bedanya dengan umroh reguler pada umumnya yang menggunakan travel. Lalu bedanya apa?

Umroh backpacker biasa disebut juga umroh mandiri. Umroh ini sedikit berbeda memang dari segi kemandirian jama'ah terutama saat berada di bandara. Jika reguler jama'ah biasanya akan diuruskan semua keperluannya oleh petugas travel, maka jama'ah umroh mandiri harus bisa menghandle keperluannya sendiri. Seperti untuk check in, mengurus bagasi, hingga saat melewati pertanyaan di imigrasi.

Perbedaan lainnya apa? Di umroh mandiri kami tidak bisa mendaftar umroh sewaktu-waktu dengan tarif flat seperti di biro umroh pada umumnya. Namun kami harus cepet-cepetan dp ketika ada tiket promo. Di grup-grup ubp biasanya akan dishare ketika ada paket promo. Seperti saya kemarin dapatnya waktu bulan oktober, berangkat bulan april. Oktober cukup dp untuk tiket, sedang pelunasan biaya keseluruhan dilakukan h min 45 keberangkatan. Jadi ada waktu buat nabung dulu ๐Ÿ˜. Tapi dp pun kudu cepet-cepetan, sehari dua hari biasanya bakal langsung ludes kuotanya.

Trus apalagi? Umroh mandiri gak dapat koper dan keperluan umroh lain seperti baju ihrom. Yah ini mah gampanglah, bisa minjem, hwkwkw. Tapi teteplah dapat backpack, namanya aja umroh backpacker. Mana backpacknya keren euy, pas di tanah suci sana kembarannya sama bule-bule ๐Ÿ˜‚. Yang cowok backpack hitam, cewek biru kombinasi pink yang girlie dan bikin gampang pas cari temen satu rombongan.



Trus, gak dapat seragam batik kayak umumnya biro umroh di Indonesia. Tapi dapetnya buat cewek kerudung, cowok kain untuk dijadikan koko. Grupku nuansa abu tua gitu deh seragamnya ๐Ÿ˜. Jadi pas prosesi umroh yang akhwat pada abu tuaan semua.

Di umroh mandiri, umumnya jamaahnya relatif muda melek gagdet, jadi koordinasi rombongan lebih banyak di grup wa sejak sebelum pemberangkatan. Kemarin di grupku ada beberapa yang sepuh, tapi ada yang berangkat dengan anaknya, atau berangkat sendiri tapi dipantau anaknya di grup wa ๐Ÿ˜‚. Temen-temen juga saling jagain dan ngelapor ke anaknya.

Masalah makan, ibuku sempet kuatir, dikira backpacker ntar cari-cari makan sendiri, padahal gak kok, biaya yang sudah dibayar sudah ALL in hotel, makan, dan lain-lain. Bahkan lho ya hotelnya pas di madinah baguuuuus, di atas ekspetasiku karena paket yang murah. Dari jendela kamar aja udah bisa langsung liat masjid nabawi. Masyaallah jadi pengen balik lagi ๐Ÿ˜ญ.

Untuk hotel mekkah emang agak jauh dapatnya, sekitar 350m dari masjidil haram, tapi ini masih mending banget karena cukup jalan kaki. Karena banyak juga yang ikut biro dengan tarif lebih mahal dari aku ternyata dari hotel ke masjid kudu naik bis dulu, brati jauh banget kan ya.

Alhamdulillah bisa berangkat dengan dana minim tapi pelayanan memuaskan. Buat apa hotel lux kalau dipakainya cuma sebentar? Toh disana juga akan lebih banyak di masjid daripada di hotel ๐Ÿ˜€.

Agie Botianovi
Malang
8 Mei 2018
22.08

4 komentar:

  1. Berapa total biayanya Gie?

    BalasHapus
    Balasan
    1. All in 16jt belum termasuk nambah kamar biar sekamar sama suami,hehe

      Hapus
  2. Kereenn mbk Agie...๐Ÿ‘, semoga sy bisa dimampukan brgkt umroh juga ke tanah suci....

    BalasHapus