Minggu, 20 November 2016

MENYAYANGI BINATANG


.
Dalam islam diatur mengenai adab-adab terhadap binatang, manusia tidak boleh menyakiti binatang dan tetap memperlakukan binatang dengan baik. Begitupun Rasulullah saw pun menyontohkan betapa beliau menyayangi binatang, salah satunya kucing. Iya, kucing, hewan yang selama ini saya 'phobia' terhadapnya.
.
Entah, bahkan phobia saya ini sudah pernah diterapi, tapi belum sepenuhnya merubah alam bawah sadar saya yang langsung berdigik lihat kucing.
.
Ada cerita unik tentang kucing. Jadi ceritanya salah satu admin botiashop Jilbab Murah Malang ini suka kucing, dan beberapa hari terakhir dia sering bercerita tentang kucing yang dia rawat. Kucing yang ditemukan masih bayi baru lahir, belum bergigi dan belum pandai berjalan.
.
Seru sekali kalau mendengar dia bercerita, memandikan kucing dengan sampo dan air hangat, memberikan susu kucing lewat dot, sampai memberikan tangannya untuk empeng kucing sampai tertidur.
.
Tiba-tiba kemarin dia meminta ijin pulang dulu dengan air mata sudah meleleh di pipinya, 'Mbak, aku ijin pulang dulu ya'
.
'Lho kenapa? Kok nangis?'
.
'Kucingku mbak, kata mama berak darah'
.
Kulihat jam dinding, pukul 1 lewat. Hari ini sabtu, toko tutup jam 2. Kurang sebentar.
.
'Iya pulang saja, hati-hati ya nyetirnya'
.
'Iya mbak, padahal kemarin malam tidur di pangkuanku. Hiks, aku mbanyol, kucing ditangisi, tapi kudu nangis'
.
Mengingatkanku pada Zarah, tokoh utama di novel supernova partikel yang jadi ibu orangutan bernama Sarah. Saat mereka harus berpisah justru Zarah lah yang berat.
.
Sorenya saya mendapat kabar si kucing mati di usia beberapa pekan saja. Umur tiada yang tahu :) .
.
Saya sendiri dan suami ingin memelihara sesuatu di rumah agar anak-anak juga belajar menyayangi hewan. Entah apa, yang jelas bukan kucing. NO!
.
Bundajundi 16 oktober 2016
Rampung 10.40

0 komentar:

Posting Komentar