Jumat, 26 Februari 2016

LDR Let Down Reflex a.k.a semburan ASI

Busui pasti pernah mengalami ini, yg saya tahu LDR itu adalah kondisi dimana ASI mengucur dengan derasnya dg rangsangan atau bahkan ada yang tanpa rangsangan apapun (isapan bayi atau pumping). Biasanya kondisi LDR tercapai apabila hormon oksitoksin lagi tinggi-tingginya (lagi bahagia or rileks maksimal :D ).

Pada saat menyusui atau pumping LDR rata2 terjadi 2-3menit setelah dirangsang, kalo saya menandai dengan nafas anak saya yg mulai memburu cepat dan suara tegukannya yg keras. Kalo waktu pumping ditandai dg g usah ngayuh udah netes2 sendiri (sy pake pompa manual).

Biasanya LDR jg bisa terjadi misal pas PD kanan disusu PD kiri tiba-tiba LDR sendiri tanpa dirangsang (itu gunanya breastpad :D ). Tapi ada juga kondisi tanpa rangsangan bisa netes2 sendiri, kalo saya seringnya pas kondisi penuh tp gak segera disusu atau pas lagi rileks, tau2 breastpad udah basah semua sampek k baju2. Pernah juga beberapa kali pas mandi tetiba kerasa anget netes2, yak ternyata LDR, mungkin pas sy lg rileks menikmati mandi kali ya (me time #katanya) hihihi.

Ada juga kiat2 agar LDR saat pumping dan sedang jauh dr anak (biasanya ibu2 pekerja), bisa dg melihat rekaman video si kecil, melihat fotonya, atau mencium baju si kecil yg baru dipakai.

Yah itulah LDR, so LDR g melulu ttg hubungan jarak jauh ya.
*lanturan pagi
26 februari 2016

0 komentar:

Posting Komentar