Selasa, 10 April 2018

Math Around Us (12) (Everyday is Math Day)



Setiap hari adalah matematika. Akhir-akhir ini Jundi memang sangat antusias dengan angka-angka. Yang bikin ngeri yang ditanyakan bukan lagi angka receh, tapi 12 digit angka. Wow buat saya, emaknya keder duluan, pegang aja belum pernah apalagi memiliki ๐Ÿ˜….



Jadi Jundi suka bereksperimen dengan kalkulator jualan milik ayah (bukan kalkulator sains ya, tapi kalkulatornya pedagang, yang gak ada sin cos tan nya, cuma tambah, kurang, bagi, kali ๐Ÿ˜). Kebetulan kalkulatornya maksimal 12 digit angka, jadilah dia suka memencet semua angka sekenanya hingga penuh semua digit lalu bertanya, "Ayah ini berapa?" "Bunda ini berapa?" "Banyakan mana sama sepuluh ribu?"

Jedieng, emake langsung melotot, "Itu bacanya 900 milyar, buanyak, jauh lebih banyak dari sepuluh ribu," Dan esoknya pun dia bertanya lagi dengan pertanyaan yang sama. Yes, emak kudu sabar, woles buk.


#HariKe12
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Senin, 09 April 2018

Math Around Us (11) (Panjang mana?)

Salah satu aplikasi matematika yang sering kita jumpai adalah tentang perbandingan baik dari segi panjang, luas, ataupun volume. Kemampuan ini sangat penting karena akan sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Maka anak-anak pun mulai saya asah tentang perbandingan ini agar terbiasa.

Awalnya ada 2 botol dengan tinggi yang berbeda, lalu saya tanyakan ke Fara dan Fasya, "Hayo lebih tinggi yang mana botolnya?" Spontan mereka menunjuk botol yang lebih tinggi, yeay betul! Ternyata mereka sudah bisa.



Semalam lagi-lagi saat bermain bombik, Fara membuat menara dari bombik kompor dan bombik roket, coba saya tes lagi, panjang mana? Dan lagi-lagi dia bisa menjawab dengan tepat.

Setelah itu coba saya tanya jumlah bombiknya, karena belum bisa mengurutkan angka dengan baik jadilah hitungan Fara tak beraturan ๐Ÿ˜‚. Sayang kemarin tidak bisa merekam, logatnya menurut saya sangat lucu.

#HariKe11
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Minggu, 08 April 2018

Math Around Us (10) (Mengurutkan bilangan)


Hari ini perjalanan dari Pasuruan ke Malang cukup penat, ada beberapa titik kemacetan karena ada galian dan juga karena melewati daerah pasar yang selalu bikin macet. Perjalanan yang biasanya hanya 2 jaman menjadi 3 jam perjalanan. Anak-anak pun agak rewel di dalam mobil karena gerah, ada saja kehebohan, mulai dari rebutan makanan, tempat duduk atau yang lain. Kondisi normal saja anak-anak saya gak pernah bisa anteng duduk saat perjalanan, apalagi kondisi macet dan panas seperti ini.

Sampai daerah Lawang, Jundi akhirnya menemukan kesibukan mendinginkan coklat yang telah leleh akibat panas di dalam mobil. Dia menaruh coklat di depan lubang ac sambil berhitung. Lama-kelamaan hitungannya mulai ganjal, "Tujuh ratus, delapan ratus, sembilan ratus, sepuluh ratus."

Sontak saya dan ayah tertawa, "Seribu Jundi, bukan sepuluh ratus,"

Mas Jundi memang lagi suka berhitung. Semoga kelak tidak hanya suka tapi cinta ya.

#HariKe10
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Sabtu, 07 April 2018

Math Around Us (9) (Rantai Geometri)



Masih masuk dalam macam-macam permainan bombik a.k.a lego jadul. Meski punya anak-anak saya sudah bercecer dimana-mana gak karuan, tapi alhamdulillah masih bisa dirangkai dan digunakan untuk mengenalkan anak-anak saya terhadap bentuk-bentuk geometri dan mengklasifikasikan bentuk yang sama.



Awal beli mainan ini sekitar 2 tahun lalu saat si kembar masih baru umur beberapa bulan, dulu masih banyak banget. Jundi mainan ini bisa dengan berbagai cara, mulai dari merangkai rantai dengan bentuk yang sama hingga merangkai dengan warna yang sama. Dari bentuk kotak, bulat, segitiga, hati, dan bintang Jundi kala itu berusia 3,5 tahun tampak antusias sekali memainkannya.

Kini, saat si adik sudah mulai bisa memainkan permainan yang sama, jumlah rantai sudah tinggal sedikit sekali banyak yang hilang tercecer ๐Ÿ˜…. Namun alhamdulillah masih tetap bisa digunakan untuk mengenalkan bentuk geometri ke si kembar, meski di usianya dia belum terampil memasang dan melepas sendiri rantainya.

#HariKe9
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Jumat, 06 April 2018

Math Around Us (8) (Buku angka)

Akhirnya krucil punya buku baru lagi, alhamdulillah bisa nambah koleksi buku bacaan anak gara-gara ada BBW dan RH reject ๐Ÿ˜‚. Salah satu koleksi buku baru krucil dari BBW adalah sepaket buku My Little Library of Animal. Paket ini terdiri dari 4 boardbook yang salah satunya berjudul Number.



Seperti buku mengenal angka pada umumnya, buku ini juga menyajikan benda dan jumlahnya. Namun karena judul paketnya tentang hewan, maka benda yang dihitung juga hewan. Mulai dari menghitung badak, kambing, hingga ikan, anak-anak terutama si kembar suka sekali dengan buku ini. Kemarin lusa Fara justru meminta membawa paket buku ini saat akan tidur malam ๐Ÿ˜‚.

Matematika itu menyenangkan, tak sekedar bisa namun cinta.

#HariKe8
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Kamis, 05 April 2018

Math Around Us (7) (Bermain bombik)


Bombik a.k.a lego jadul adalah salah satu permainan anak-anak yang bisa memantik kreatifitas anak. Selain itu bombik bisa bikin anak anteng dan memanjangkan rentang konsentrasinya yang masih rendah.

Awalnya saya dulu kepengen belikan anak-anak mainan ini, namun lama kelamaan justru saya jadi jualan mainan ini karena banyak yang pingin beli juga tapi gak tau dimana tempat belinya ๐Ÿ˜‚. Yah lumayan lah beliin anak-anak jadi gratis, malah dari keuntungan masih sisa, bisa buat jatah kue anak-anak.



Jadi, beberapa hari terakhir anak-anak saya lagi suka lagi mainan bombik, terutama bombik kubus. Walau si kembar masih perlu dibantu saat menyusun, namun mereka sudah mulai bisa memasang antara bombik satu dengan bombik yang lain. Sambil menyusun, saya mengajarkan kepada mereka bentuk-bentuk ruang maupun bentuk datar, mulai dari istilah kotak, segitiga, hingga kubus.

#HariKe7
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs